Perdana!!! Dua Siswa  MAN 1 INHIL Wakili  Kabupaten Dalam Kompetisi Bahasa Arab Nasional  2021 Tingkat Provinsi Riau

Rabu, 15 September 2021

TRANSMEDIARIAU.COM, Tembilahan, Bertempat di Lapangan MAN 1 Indragiri Hilir dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada dua siswa MAN 1 Indragiri Hilir oleh Kepala MAN 1 Indragiri Hilir didampingi oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Muhammad Hasbi, S.Pd dan Pembina Klub Bahasa Arab MAN 1 Indragiri Hilir, yang mana tahun ini berhasil menjuarai Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) 2021 Tingkat Kabupaten dan berhak mewakili Kabupaten Indragiri Hilir di tingkat Provinsi Riau pada 18 September 2021 mendatang.

Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) 2021 merupakan ajang untuk mengetahui kemampuan berbahasa arab siswa-siswi di Indonesia mulai tingkat MI/SD, MTs/SMP sampai dengan tingkat MA/SMK/SMA se Indonesia yang dilaksanakan oleh Forum Musyawarah Guru Bahasa Arab ( F MGMP) Nasional. Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak 2018 silam dan sekarang pada tahun 2021 ini merupakan Kompetesi yang ke 4.

Walaupun sudah tahun ke-4 pelaksanaan kegiatan ini, MAN 1 Indragiri Hilir untuk pertama kalinya akhirnya dapat ikut dalam kompetisi ditahun ini,hal ini merupakan salah satu wujud telah berkembangnya kegiatan dan kemampuan siswa-siswi MAN 1 Indragiri Hilir di bidang bahasa arab dan menjadi salah satu bukti komitmen MAN 1 Indragiri Hilir sebagai salah satu MAN yang ada di Indonesia yang memberikan ruang yang besar terhadap pengembangan bahasa asing terutama bahasa arab.

Pada pelaksanaan yang ke-4 ini, MAN 1 Indragiri Hilir berhasil mengikuti ajang ini dengan baik, hal ini terbukti dengan lolosnya dua siswa MAN 1 Indragiri Hilir di tingkat Provinsi yaitu Nashirah dari Kelas XII MAK 1 sebagai Juara 1 Tingkat Kabupaten Indragiri Hilir dan M. Subhan Arifuddin Dari Kelas XII MAK 3 sebagai Juara II Tingkat Kabupaten Indragiri Hilir, Dimana di tingkat Provinsi nanti perwakilan dari Kabupaten Indragiri Hilir akan berkompetisi dengan MAN 1 Bengkalis ,MAN 1 Kampar, MAN IC Siak, MAN 1 Pekanbaru, MAN 2 Pekanbaru dan MAN 3 Pekanbaru.

Dalam kesempatan penyerahan sertifikat ini, Kepala MAN 1 Indragiri Hilir menyampaikan harapan yang besar kepada perwakilan MAN 1 Indragiri Hilir.

"Saya Berharap Siswa MAN 1 INHIL Bisa memberikan yang terbaik nanti di tingkat Provinsi Riau, karena persaingan di tingkat Provinsi akan menghadapi siswa-siswi dari sekolah-sekolah unggul di tiap kabupaten dan kota masing-masing", Harapnya.

Begitu juga Pembimbing KOMBANAS 2021, Ustadz Annuar Gunawan, S.Pd.I, M.Pd menyampaikan Dengan Adanya Klub Bahasa Arab Ini dapat Membina Dalam Meningkatkan Kemampuan Khusunya Dalam Berbahasa Arab.

 

"kedepannya kegiatan-kegiatan di Klub Bahasa Arab yang merupakan wadah dalam membina dan meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab di MAN 1 Indragiri Hilir dapat ditingkatkan lagi sehingga setiap tahun wakil-wakil dari MAN 1 Indragiri Hilir bisa memberikan hasil yang sangat maksimal bukan hanya di kabupaten tetapi juga di Provinsi bahkan Nasional",tungkasnya.

"Bahasa Arab menjadi salah satu identitas Madrasah, karena berbagai ilmu keagamaan yang diajarkan di Madrasah membutuhkan kempuan yang baik dalam bahasa arab"Ujarnya.

Begitu juga kegiatan ekstrakurikuler seperti Klub Bahasa Arab harus benar-benar di maksimalkan agar nantinya lahir para siswa-siswi dan alumni yang mahir berbahasa arab